RINGKASAN MATERI DAN SOAL LATIHAN UAS BAHASA
INDONESIA KELAS 7 SEMESTER GANJIL
2013/2014
A. TEKS HASIL OBSERVASI, TEKS
TANGGAPAN DESKRIPTIF, DAN TEKS EKSPOSISI
|
Teks
Hasil Observasi
|
Teks Tanggapan Deskriptif
|
Teks
Eksposisi
|
Arti
|
Pengamatan
|
Penggambaran
|
Pemaparan/penjelasan
|
Struktur
|
1. Definisi umum
2. Deskripsi bagian
3. Deskripsi manfaat
|
1. Identifikasi
2. Klasifikasi/definisi
3. Deskripsi bagian
|
1. Tesis (pembukaan)
2. Argumentasi (isi)
3. Penegasan ulang (penutup)
|
Jenis
|
|
1. Pola deskripsi objektif (apa
adanya)
2. Pola deskripsi subjektif
(disertai kesan)
3. Pola deskripsi spasial (tata
letak ruang)
|
1. Eksposisi deduktif (letak
kalimat utama di awal paragraf)
2. Eksposisi induktif (letak
kalimat utama di akhir paragraf)
|
Contoh-Contoh
1.
Teks Hasil Observasi
Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di
sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi
benda hidup dan benda mati. Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua.
Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. Di negara ini
terdapat tumbuh-tumbuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana,
burung cendrawasih, orang utan, dan komodo. Alam yang indah ini harus dicintai,
dijaga, dan dilestarikan. Selain itu, rasa cinta itu juga harus terus
ditanamkan agar alam Indonesia tetap menjadi paru-paru dunia yang bermanfaat
bagi kehidupan seluruh makhluk yang hidup dari masa ke masa.
2.
Pola Teks Deskripsi
Ø Contoh Pola Deskriptif Objektif
Sahabatku yang pertama bernama Wida. Orangnya tinggi
lumayan putih, tahi lalat di pipi menambah manis penampilannnya. Dahinya
berkerut, matanya tajam, dan bibirnya seperti ditekuk bila mulutnya
berkata-kata, maka dari celah bibirnya itu selalu keluar suara yang halus
dengan kata-kata terpilih berkonotasi positif dan nada ramah. Dari mulutnya itu
sering keluar humor-humor lucu yang tak terduga. Rambutnya yang panjang selalu
ditata dengan busana yang serasi.
Ø Contoh Pola Deskriptif Subjektif
Sahabatku yang bernama Wida bertubuh tinggi, kulitnya
putih dan bersih memberikan gambaran bahwa dia berasal dari komunitas yang
terpelihara. Tahi lalat di pipinya menambah kesan manis pada penampilannya.
Dahinya berkerut, matanya tajam, dan bibirnya seperti ditekuk, memberikan kesan
judes pada penampilannya. Kesan berbeda akan muncul jika mulutnya mulai
berbicara, dari celah bibirnya itu akan keluar suara yang halus dengan
kata-kata terpilih berkonotasi positif,
dan nada ramah. Dari mulutnya itu sering
keluar humor-humor lucu yang tak terduga. Membuat dia menjadi orang yang sangat
menyenangkan. Rambutnya yang panjang selalu ditata serasi dengan busana yang
apik. Warna hitam dan coklat yang disenanginya membuat dia tampil sebagai
seorang aristokrat sejati.
Ø Contoh Pola Deskripsi Spasial
Ketika saya datang ke rumah Heni, kawanku itu sedang asyik di ruang baca. Ruangan berukuran 8x6 m
ini sungguh sangat nyaman ditempati. Sebuah kursi kulit berwarna coklat dengan
meja marmer hijau berada di tengah ruangan. Sementara itu, rak buku berisi beberapa
novel, ensiklopedi, dan buku-buku ilmiah diletakkan mepet dengan dinding
sebelah selatan bersanding dengan sebuah pot berisi pohon bonsai kecil yang
seakan-akan menyatu dengan tembok yang dicat dengan warna coklat muda. Di luar
ruangan, terdapat sebuah kolam kecil berukuran 6 x 4 m berisi beberapa ikan koi
warna-warni yang berkeliaran. Suara gemericik air dari kolam menambah sejuknya suasana di ruang baca tempat
sahabatku menenggelamkan diri dengan berbagai referensinya itu.
3. Teks Eksposisi
Ø
Eksposisi Deduktif
Pencemaran lingkungan tampaknya semakin parah di negeri
ini. Berbagai
kasus pencemaran mencuat di beberapa wilayah. Penderitaan manusia maupun
kerugian material pun mulai disadari sebagai akibat dari terkontaminasinya alam
lingkungan oleh racun dari berbagai limbah.
Ø
Eksposisi Induktif
Pada era persaingan dunia kerja
yang semakin kompetitif seperti saat ini, seseorang yang menguasai Bahasa
Inggris otomatis akan memiliki peluang yang lebih besar di dunia kerja.
Sebaliknya, orang yang tidak memiliki kemampuan Bahasa Inggris peluangnya akan
semakin kecil untuk memasuki dunia kerja khususnya untuk dapat diterima sebagai
karyawan. Itulah mengapa penguasaan bahasa Inggris sangat diperlukan
untuk menambah kompetensi di dunia kerja.
B. MEMBUAT RINGKASAN
Ringkasan adalah inti sari
sebuah teks.
C.
TATA BAHASA INDONESIA
a.
Frasa
Frasa adalah gabungan dua buah kata atau lebih, yang di dalam klausa
menduduki fungsi-fungsi kalimat. Contoh:
S
|
P
|
O
|
K
|
Adik saya
|
suka makan
|
kacang goreng
|
di kamar.
|
b. Konjungsi
Konjungsi
adalah kategori yang menghubungkan kata dengan kata, klausa dengan klausa, atau
kalimat dengan kalimat; bisa juga antara paragraf dengan paragraf.
Jenis Konjungsi
|
|||
Konjungsi Koordinatif
|
Konjungsi Subordinatif
|
||
Kalimat Majemuk Setara
|
Kalimat Majemuk Bertingkat
|
||
Hubungan
|
Konjungsi
|
Hubungan
|
Konjungsi
|
Penjumlahan
|
dan,
dengan, serta
|
Penyebaban
|
sebab,
karena
|
Pemilihan
|
atau
|
Persyaratan
|
kalau,
jika, jikalau, bila, apabila, bilamana, asal
|
Pertentangan
|
tetapi,
namun, sedangkan, sebaliknya
|
Tujuan
|
agar,
supaya
|
Pembetulan
|
melainkan,
hanya
|
Penyungguhan
|
meskipun,
biarpun, walaupun, sungguhpun, sekalipun
|
Penegasan
|
bahkan,
malah (malahan), lagipula, apalagi, jangankan
|
Kesewaktuan
|
ketika,
tatkala, sewaktu, sebelum, sesudah, sehabis
|
Pembatasan
|
kecuali,
hanya
|
Pengakibatan
|
sampai,
hingga, sehingga
|
Pengurutan
|
lalu,
kemudian, selanjutnya
|
Perbandingan
|
seperti,
sebagai, laksana
|
Penyamaan
|
yaitu,
yakni, bahwa, adalah, ialah
|
|
|
Penyimpulan
|
jadi,
karena itu, oleh sebab itu, maka, maka itu, dengan demikian, dengan begitu
|
|
|
Contoh kalimat majemuk setara:
Mereka
|
makan
|
dan
|
minum
|
di
kelas
|
S
|
P1
|
Konj.
|
P2
|
K
|
Contoh kalimat majemuk
bertingkat:
Mereka
|
terlambat
|
karena
|
jalan
|
macet
|
S1
|
P1
|
Konj.
|
S2
|
P2
|
c.
Afiks (Imbuhan)
Afiks (Imbuhan)
|
Prefiks
(Awalan)
|
ber-, per-, me-,
di-, ter-, ke-, se-, pe-
|
Berlibur,
percepat, melihat, dibaca, terkejut, ketua, setinggi, perawat
|
Sufiks (Akhiran)
|
-kan, -i, -nya
|
Gunakan, hormati,
bukunya
|
|
Infiks (Sisipan)
|
-el-, -em-, -er-
|
Gelembung,
gemetar, seruling, sinambung
|
|
Konfiks
(Imbuhan Gabung)
|
Ber-an, ke-an,
pe-an, per-an,
|
Berlarian,
kehujanan, pengiriman, perdamaian
|
D.
GAGASAN UTAMA
Gagasan
utama adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf.
Gagasan utama disebut juga ide pokok.
DEDUKTIF
|
INDUKTIF
|
Letak kalimat utama di awal paragraf
|
Letak kalimat utama di akhir paragraf
|
Diawali dengan pernyataan umum disusun dengan
uraian atau penjelasan khusus (umum – khusus)
|
Diawali dengan uraian atau penjelasan bersifat
khusus dan diakhiri dengan pernyataan umum (khusus – umum)
|
Pernyataan yang bersifat khusus itu bisa
berupa penjelasan, rincian, contoh-contoh,
atau bukti-buktinya.
|
Pernyataan yang bersifat khusus itu bisa berupa penjelasan, rincian, contoh-contoh,
atau bukti-buktinya.
|
E.
EJAAN YANG DISEMPURNAKAN (EYD)
- Huruf Kapital
No.
|
Kegunaan
|
Contoh
|
1.
|
Huruf pertama kata pada awal kalimat
|
Dia membaca buku.
|
2.
|
Huruf pertama petikan langsung
|
Adik bertanya,
"Kapan kita pulang?"
|
3.
|
Huruf pertama dalam kata dan ungkapan yang berhubungan dengan
agama, kitab suci, dan Tuhan, termasuk kata ganti untuk Tuhan
|
Islam, Quran, Allah Yang Mahakuasa, Yang Maha Pengasih,
hamba-Nya
|
4.
|
Huruf pertama nama gelar kehormatan, keturunan, dan keagamaan
yang diikuti nama orang
|
Mahaputra Yamin, Sultan Hasanuddin, Haji Agus Salim, Imam
Syafii, Nabi Ibrahim
|
5.
|
Huruf pertama unsur nama jabatan yang diikuti nama orang, nama
instansi, atau nama tempat yang digunakan sebagai pengganti nama orang
tertentu
|
Wakil Presiden Adam Malik, Profesor Supomo, Laksamana Muda
Udara, Husein Sastranegara, Sekretaris Jenderal, Departemen Pertanian,
Gubernur Jawa Tengah
|
6.
|
Huruf pertama unsur-unsur nama orang
|
Amir Hamzah, Wage Rudolf Supratman
|
7.
|
Huruf pertama nama bangsa, suku bangsa, dan bahasa
|
bangsa Eskimo, suku Sunda, bahasa Indonesia
|
8.
|
Huruf pertama nama tahun, bulan, hari, dan hari raya
|
tahun Hijriah, tarikh Masehi, bulan Agustus, bulan Maulid,
hari Jumat, hari Galungan, hari Lebaran, hari Natal
|
9.
|
Huruf pertama unsur-unsur nama diri geografi
|
Asia Tenggara, Cirebon, Amerika Serikat
|
10.
|
Huruf pertama semua unsur nama resmi negara, lembaga resmi,
lembaga ketatanegaraan, badan, dan nama dokumen resmi
|
Republik Indonesia, Departemen Keuangan, Majelis Permusyawaratan
Rakyat, Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 1972, Badan
Kesejahteraan Ibu dan Anak
|
11.
|
Huruf pertama semua kata (termasuk semua unsur kata ulang
sempurna) di dalam judul buku, majalah, surat kabar, dan makalah,
kecuali kata tugas seperti di, ke,
dari, dan, yang, dan untuk yang
tidak terletak pada posisi awal
|
(1) Saya telah membaca buku Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma.
(2)
Bacalah majalah Bahasa dan
Sastra.
(3) Dia adalah agen surat kabar Sinar Pembangunan.
(4) Ia menyelesaikan makalah "Asas-Asas Hukum Perdata".
|
12.
|
Huruf pertama unsur singkatan nama gelar, pangkat, dan sapaan
yang digunakan dengan nama diri
|
Dr., S.E., S.H., S.S., S.Kp., M.A., M.Hum., Prof., K.H., Tn.,
Ny., Sdr.
|
13.
|
Huruf pertama kata penunjuk hubungan kekerabatan, seperti bapak,
ibu, saudara, kakak, adik, dan paman, yang digunakan dalam penyapaan atau
pengacuan
|
"Silakan duduk, Dik!" kata orang itu.
"Kapan Bapak berangkat?" tanya Harto.
Surat Saudara sudah saya terima.
|
14.
|
Huruf pertama kata Anda yang digunakan dalam penyapaan
|
Surat Anda telah kami terima dengan baik.
|
- Tanda
Baca
1.
Tanda Titik (.)
No.
|
Kegunaan
|
Contoh
|
1.
|
Dipakai
pada akhir kalimat yang bukan pertanyaan atau seruan
|
Ayahku
tinggal di Solo.
|
2.
|
Untuk
memisahkan angka jam, menit, dan detik yang menunjukkan waktu
|
pukul
1.35.20
|
3.
|
Untuk
memisahkan bilangan ribuan atau kelipatannya yang menunjukkan jumlah
|
Siswa
yang lulus masuk perguruan tinggi negeri 12.000 orang.
|
4.
|
Tanda
titik tidak dipakai untuk
memisahkan bilangan ribuan atau kelipatannya yang tidak menunjukkan jumlah.
|
Dia
lahir pada tahun 1956 di Bandung.
Lihat halaman 2345 dan seterusnya.
Nomor gironya 5645678.
|
2.
Tanda Koma (,)
No.
|
Kegunaan
|
Contoh
|
1.
|
Dipakai
di antara unsur-unsur dalam suatu perincian atau pembilangan
|
Saya
membeli kertas, pena, dan tinta.
|
2.
|
Dipakai
untuk memisahkan kalimat setara yang satu dari kalimat setara berikutnya yang
didahului dengan kata seperti tetapi, melainkan, sedangkan, dan kecuali
|
Saya
akan membeli buku-buku puisi, tetapi kau yang memilihnya.
Ini
bukan buku saya, melainkan buku ayah saya.
Dia
senang membaca cerita pendek, sedangkan adiknya suka membaca puisi
Semua
mahasiswa harus hadir, kecuali yang tinggal di luar kota.
|
3.
|
Dipakai
untuk memisahkan anak kalimat dari induk kalimat jika anak kalimat itu
mendahului induk kalimatnya
|
Agar
memiliki wawasan yang luas, kita harus banyak membaca buku.
|
4.
|
Dipakai
di belakang kata atau ungkapan penghubung antarkalimat yang terdapat pada
awal kalimat, seperti oleh karena itu, jadi, dengan demikian, sehubungan
dengan itu, dan meskipun begitu
|
Anak
itu rajin dan pandai. Oleh karena itu, dia memperoleh beasiswa belajar di
luar negeri.
|
3.
Tanda Titik Dua (:)
No.
|
Kegunaan
|
Contoh
|
1.
|
Dipakai
pada akhir suatu pernyataan lengkap yang diikuti rangkaian atau pemerian
|
Kita
sekarang memerlukan perabot rumah tangga: kursi, meja, dan lemari.
|
2.
|
Tanda
titik dua tidak dipakai jika rangkaian atau pemerian itu merupakan pelengkap
yang mengakhiri pernyataan
|
Kita
memerlukan kursi, meja, dan lemari.
|
F. SINONIM DAN ANTONIM
Sinonim adalah suatu kata yang memiliki bentuk yang
berbeda namun memiliki arti atau pengertian yang sama atau mirip, sedangkan
antonim adalah kata yang memiliki arti berlawanan makna.
Sinonim
|
Antonim
|
||
binatang
|
fauna
|
panjang
|
pendek
|
bohong
|
dusta
|
tinggi
|
rendah
|
haus
|
dahaga
|
besar
|
kecil
|
pakaian
|
baju
|
luas
|
sempit
|
bertemu
|
berjumpa
|
pagi
|
sore
|
buruk
|
jelek
|
siang
|
malam
|
bunga
|
kembang
|
putih
|
hitam
|
mati
|
wafat
|
terang
|
gelap
|
hulubalang
|
komandan
|
timur
|
barat
|
aku
|
saya
|
lapar
|
kenyang
|
melihat
|
melirik
|
pintar
|
bodoh
|
G.
HOMONIM,
HOMOFON, DAN HOMOGRAF
Homonim
|
Homofon
|
Homograf
|
|
Tulisan
|
sama
|
beda
|
sama
|
Lafal
|
sama
|
sama
|
berbeda
|
Makna
|
berbeda
|
berbeda
|
berbeda
|
Contoh
|
Genting, genting
Bisa, bisa
|
Bang, bank
Sangsi, sanksi
|
Apel, apel
Teras, teras
|
SOAL
LATIHAN UAS BAHASA INDONESIA SEMESTER I
2013/2014
Bacalah teks berikut untuk menjawab
soal nomor 1––5!
1. Biota laut adalah seluruh makhluk
hidup yang berkembang biak di laut.
Kalimat
tersebut merupakan bagian dari struktur teks hasil observasi, yaitu …
A.
Definisi umum
B.
Deskripsi bagian
C.
Deskripsi manfaat
D.
Identifikasi
2.
Deskripsi
bagian pada teks hasil observasi di atas terletak pada paragraf …
A. 1 dan 2 C. 3 dan 4
B. 2 dan 3 D. 1 dan 4
3.
Biota laut bermanfaat bagi
kehidupan manusia, perkembangan pariwisata, dan lingkungan.
Kalimat
tersebut merupakan bagian dari struktur teks hasil observasi, yaitu …
A. Definisi
umum
B. Deskripsi
bagian
C. Deskripsi
manfaat
D. Identifikasi
4.
Rumput laut dan penanaman bakau
dibudidayakan di …..
A.
Pulau Pari, Kabupaten Kepulauan Seribu
B.
Raja Ampat, Papua
C.
Pulau Wangi-Wangi di Sulawesi Tenggara
D.
Bunaken, Menado
5.
Pada paragraf 1 teks di atas tedapat
konjungsi …
A.
Penyamaan dan penjumlahan
B.
Pemilihan dan pertentangan
C.
Penyamaan dan pertentangan
D.
Penjumlahan dan pemilihan
6. Prefiks ber- pada kata berkembang dalam
kalimat Biota laut
adalah seluruh makhluk hidup yang berkembang biak di laut bermakna …
A.
melakukan
B.
keadaan
C.
menghasilkan
D.
memakai
7. Sufiks -an pada kata tumbuhan dalam
kalimat Di samping
terumbu karang dan ikan, laut Indonesia juga memiliki tumbuhan laut
bermakna ...
A.
hasil
B.
tempat
C.
yang
mempunyai
D.
apa
yang di-
8.
Urutan
yang tepat struktur teks hasil observasi adalah .....
A.
Definisi umum, deskripsi bagian, deskripsi manfaat
B.
Deskripsi manfaat, definisi umum, deskripsi bagian
C.
Deskripsi bagian, definisi umum, deskripsi manfaat
D.
Definisi umum, deskripsi manfaat, deskripsi bagian
Bacalah
teks berikut untuk menjawab soal nomor 9––11!
9.
Kompleks Candi Prambanan terletak di …..
A.
Kecamatan Prambanan, Sleman, dan
Kecamatan Prambanan, Klaten
B.
Kecamatan Sleman, Prambanan, dan
Kecamatan Klaten, Prambanan
C.
Kelurahan Prambanan, Sleman, dan
Kecamatan Prambanan, Klaten
D.
Kecamatan Prambanan, Sleman, dan
Kelurahan Prambanan, Klaten
10. Deskripsi
arsitektur bangunan Candi Prambanan terletak pada paragraf ke …..
A.
1 B.
2 C. 3 D. 2 dan 3
11. Urutan
kerangka yang tepat wacana deskripsi di atas adalah …..
A.
– Pengertian Candi Prambanan
– Situs Warisan Dunia UNESCO
– Letak Candi Prambanan
– Arsitektur bangunan
– Pembangunan candi
– Daya tarik wisatawan
B.
– Letak Candi Prambanan
– Situs Warisan Dunia UNESCO
– Pengertian Candi Prambanan
– Arsitektur bangunan
– Pembangunan candi
– Daya tarik wisatawan
C.
– Arsitektur bangunan
– Pengertian candi
– Pembangunan candi
– Letak Candi Prambanan
– Situs Warisan Dunia UNESCO
– Daya tarik wisatawan
D.
– Daya tarik wisatawan
– Situs Warisan Dunia UNESCO
– Pengertian candi
– Letak Candi Prambanan
– Pembangunan candi
– Arsitektur bangunan
12. Bacalah teks berikut!
Arti
kata genetik pada teks di atas adalah
…..
A.
Cabang biologi yang menerangkan hewan
B.
Cabang biologi yang menerangkan sifat
turun-temurun
C.
Cabang biologi yang menerangkan tumbuhan
D.
Cabang biologi yang menerangkan manusia
13.
Di antara pilihan
kata di bawah ini, manakah yang termasuk ke dalam akronim?
A. DPR, PBB C. KTP, STNK
B. Bappenas, PASI D. ABG, KKM
14.
Di antara pilihan
kata di bawah ini, manakah yang termasuk ke dalam singkatan?
A. Angkot, Simpedes,
ABRI C.
KTP, PGRI, PBB
B. SIM, Posyandu,
Puskesmas D. Pemdes, OSIS, SAKSI
Bacalah
teks berikut untuk menjawab soal nomor 15––16!
15.
Makna tersurat pada
teks paragraf di atas adalah.....
A. Suasana kelas yang tenang
B. Kesadaran siswa untuk mendengarkan penjelasan guru
C. Siswa di kelas
yang tenang
D. Siswa yang berisik pada saat kegiatan belajar mengajar
16. Perhatikan kedua teks berikut!
TEKS
1
|
TEKS
2
|
Halaman
rumah Annie sangat indah. Halaman itu ditanami bermacam-macam bunga, yaitu
bunga krisan, bunga lili, dan bunga mawar. Bunga krisan beraneka warna, yakni
merah, putih, dan kuning berbaris rapi di antara kolam ikan koi yang dihiasi
air terjun buatan. Bunga lili mengelilingi jalan-jalan kecil di dekat kolam
ikan koi. Bunga mawar menghiasi pagar halaman. Kupu-kupu berlomba-lomba
menghisap madu bunga di halaman rumah Annie.
|
Hujan
yang nyaris tanpa henti mengguyur ibu kota dan sekitarnya empat hari
berturut-turut, Minggu (4/2), membuat lumpuh Jakarta. Banjir mulai merambah
Istana Negara di kawasan Jl. Medan Merdeka Utara, Jakarta. Dampak banjir yang
terjadi sejak Kamis (1/1) itu menyebabkan 20 orang tewas, 1 orang hilang, dan
puluhan ribu orang mengungsi. Korban tewas diakibatkan kedinginan, hanyut
terbawa arus, dan tersengat listrik.
|
Perbedaan teks di
atas adalah ...
TEKS 1
|
TEKS 2
|
A.
Teks deskripsi
|
Teks berita
|
B.
Teks eksposisi
|
Teks deskripsi
|
C.
Teks berita
|
Teks observasi
|
D.
Teks eksposisi
|
Teks observasi
|
17. Urutan
struktur teks tanggapan deskriptif yang tepat adalah …..
A.
Klasifikasi/definisi – identifikasi –
deskripsi bagian
B.
Deskripsi bagian – klasifikasi/definisi
– identifikasi
C.
Identifikasi – klasifikasi/definisi –
deskripsi bagian
D.
Klasifikasi/definisi – deskripsi bagian
– identifikasi
18.
Perhatikan teks berikut!
Judul yang paling tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah ...
A. Rumah Khas Sumatera Barat
B. Rumah Minangkabau
C. Rumah Adat
D. Rumah Gadang
19. Bacalah teks berikut!
|
Kutipan
paragraf di atas termasuk ke dalam jenis deskripsi...
A. Subjektif C. Spasial
B. Objektif D. Bagian
20.
Perhatikan kedua teks berikut!
TEKS
1
|
TEKS
2
|
Kamar
tidurku sangat nyaman, berukuran 4 x 5 m. Dindingnya berwarna perpaduan merah
jambu dan ungu. Di dinding yang berdampingan dengan jendela, ditempel wallpaper bergambar bunga dan
kupu-kupu. Tempat tidur berada ditengah-tengah kamar. Di hadapannya terdapat
sofa berwarna putih. Di sisi kanan tempat tidur terdapat meja belajar yang
menghadap ke jendela, sedangkan di sisi kirinya terdapat lemari.
|
Kucingku
sangat lucu dan pintar. Bulunya tebal berwarna putih. Kumisnya panjang.
Hidungnya pesek. Matanya sangat indah berwarna coklat madu. Kucingku gemar
bermain bola. Terkadang, ia pun suka memencet tuts-tuts piano di rumahku
sambil mengeong-ngeong lucu.
|
Perbedaan teks
tanggapan deskripsi di atas adalah ...
TEKS 1
|
TEKS 2
|
A.
Deskripsi
subjektif
|
Deskripsi
objektif
|
B.
Deskripsi spasial
|
Deskripsi subjektif
|
C.
Deskripsi keadaan
|
Deskripsi
spasial
|
D.
Deskripsi
Objektif
|
Deskripsi
spasial
|
21.
Bacalah teks tanggapan deskriptif berikut!
Hal yang
dideskripsikan dalam teks di atas adalah ...
A.
Kondisi
fisik orang C. Perilaku orang
B.
Pikiran
orang D. Gaya hidup orang
22. Bacalah teks tanggapan deskriptif
berikut!
Kutipan paragraf di atas termasuk ke dalam jenis
deskripsi...
A. Spasial C. Objektif
B. Subjektif D. Bagian
23.
Bacalah
teks berikut ini!
|
Kutipan paragraf di atas termasuk ke dalam deskripsi...
A. Spasial C.
Objektif
B. Keadaan D.
Subjektif
24.
Cermati kalimat berikut!
|
Perbaikan penggunaan huruf kapital yang tepat pada kalimat tersebut adalah
...
A. Mengapa Saudara tidak membeli apel malang ketika di Malang?
B. Mengapa Saudara tidak membeli Apel malang di malang?
C. Mengapa saudara tidak membeli Apel ketika di malang?
D. Mengapa saudara tidak membeli Apel malang ketika di
malang?
25.
Cermati kalimat berikut!
|
Perbaikan penggunaan huruf kapital yang tepat pada kalimat tersebut adalah
...
A. Di
Bogor terdapat Gunung Salak.
B. Di
Bogor terdapat gunung Salak.
C. Di
Bogor terdapat Gunung salak.
D. Di Bogor
terdapat gunung salak.
26.
Cermati
kalimat berikut!
|
Penggunaan tanda baca kalimat tersebut yang tepat adalah
...
A. Kakak membeli
bermacam-macam alat musik: gitar, piano dan biola.
B. Kakak membeli
bermacam-macam alat musik: gitar, piano, dan biola.
C. Kakak membeli
bermacam-macam alat musik; gitar, piano dan biola.
D. Kakak membeli
bermacam-macam alat musik; gitar, piano, dan biola.
27.
Di antara kalimat
berikut yang termasuk kalimat baku adalah ...
A. Cakra ngehits dengan lagu “Butiran Debu”.
B. Di Usia 30-an Merry Riana tampak masih sangat muda.
C. Nampaknya Andre Taulani lebih dikenal sebagai pelawak
daripada penyanyi.
D. Ahmad Tohari mempraktikkan tulisan deskriptif dengan
sangat rinci dalam novelnya.
28. Bacalah teks berikut ini!
Berikut ini yang bukan merupakan penggambaran tentang
anak bernama Willy Flarkies adalah ...
A. Ia seorang anak laki-laki.
B. Ia berumur 13 tahun.
C. Ia berambut hitam dicukur pendek.
D. Ia seorang anak yang introvert.
29.
Perhatikan gambar berikut!
Deskripsi yang
sesuai dengan hewan tersebut adalah ...
A. Aku binatang berjenis mamalia, berkaki empat, memiliki
bulu, dan hidup di darat.
B. Aku binatang berjenis mamalia, berkaki empat, tidak
memiliki bulu, dan hidup di air.
C. Aku binatang berjenis unggas, berkaki empat, tidak
memiliki sayap, dan hidup di udara.
D. Aku binatang berjenis unggas, berkaki dua, memiliki
bulu, dan hidup udara.
30. Bacalah teks berikut ini!
Budidaya
tanaman obat untuk keluarga (TOGA) dapat memacu usaha kecil dan menengah di
bidang …..
A.
Obat-obatan
B.
Obat-obatan
herbal
C.
Obat-obatan
nonherbal
D.
Obat-obatan
herbal dan nonherbal
31. Bacalah teks berikut ini untuk menjawab soal nomor
27––30!
Efek rumah kaca merupakan proses
pemanasan permukaan suatu benda langit yang disebabkan oleh …..
A.
Komposisi
atmosfer
B.
Keadaan
atmosfer
C.
Komposisi
dan keadaan atmosfer
D.
Konsentrasi
CO2 di atmosfer
32. Pernyataan
berikut yang tidak sesuai dengan
paragraf ke-3 teks di atas adalah …..
A.
Efek
rumah kaca telah meningkatkan suhu rata-rata bumi 1-5 °C
B.
Bila
kecenderungan peningkatan gas rumah kaca tetap akan menyebabkan
peningkatan pemanasan global antara 1,5-4,5 °C
sekitar tahun 2030
C.
Dengan
meningkatnya konsentrasi gas O2 di atmosfer, maka akan semakin
banyak gelombang panas yang dipantulkan dari permukaan bumi diserap atmosfer.
D.
Gelombang
panas yang diserap atmosfer akan mengakibatkan suhu permukaan bumi
menjadi meningkat
33. Urutan struktur
teks eksposisi yang tepat adalah …..
A. Tesis,
argumentasi, penegasan ulang
B. Argumentasi,
tesis, penegasan ulang
C. Tesis, penegasan
ulang, argumentasi
D. Penegasan ulang,
tesis, argumentasi
34. Paragraf
eksposisi adalah …..
A.
Paragraf
yang memaparkan kepada pembaca tentang suatu pendapat
B.
Paragraf
yang menjelaskan kepada pembaca tentang suatu objek yang diteliti
C.
Paragraf
yang menggambarkan objek secara apa adanya
D.
Paragraf
yang menggambarkan tentang peristiwa alam
Perhatikan teks
berikut!
|
35. Makna tersirat
dari paragraf di atas adalah ...
A.
Pasaran
buah jeruk nipis tidak hanya di perdagangan dalam negeri, tetapi sudah merambah
hingga perdagangan luar negeri.
B.
Jeruk
nipis sangat bermanfaat untuk menghilangkan bau amis.
C.
Jeruk
nipis adalah buah yang berwarna hijau berbentuk bulat kecil seperti bola tetapi
memiliki khasiat yang tidak kecil seperti bentuknya.
D.
Jeruk
nipis biasanya digunakan untuk campuran minuman dan berkhasiat menyembuhkan
penyakit.
36. Arti kata skala pada teks di atas adalah …..
A.
Perbandingan
B.
Perubahan
C.
Perbaikan
D.
Pertumbuhan
37.
Berikut yang tidak
termasuk jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya adalah paragraf ...
A. Deduktif B.
Eksplanasi
C. Induktif D.
Campuran
38. Bacalah teks berikut!
Gagasan
utama paragraf di atas terletak pada kalimat …..
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
39. Bacalah teks berikut!
|
Berdasarkan letak kalimat
utamya, paragraf tersebut termasuk jenis paragraf ...
A. Induktif
B. Deduktif
C. Campuran D. Eksposisi
40.
Perhatikan kedua teks berikut !
TEKS 1
|
TEKS 2
|
Keluarga merupakan lingkungan pendidikan
yang pertama dan utama. Dalam lingkungan inilah seorang anak pertama kali
mendapat didikan dan bimbingan. Selain itu, sebagian besar kehidupan anak
berlangsung di dalam lingkungan keluarga. Tugas utama ini tidak terlepas dari
peran dan tanggung jawab yang besar dari setiap orang tua dalam memberikan
pendidikan yang terbaik melalui lingkungan keluarga.
|
"Supaya
sehat kita perlu air karena air bagian terbesar tubuh kita" Lalu
diberikan sedikit contoh kadar air dalam organ-organ penting "Makanya
penting untuk kita seperti AQUA".
|
Perbedaan kedua teks di atas adalah ...
TEKS 1
|
TEKS 2
|
A.
Teks observasi
|
Teks persuasi
|
B.
Teks observasi
|
Teks deskripsi
|
C.
Teks deskriptif
|
Teks eksposisi
|
D.
Teks eksposisi
|
Teks persuasi
|
41.
Perhatikan kalimat brikut !
Kalimat di atas termasuk jenis
kalimat ...
A. Majemuk setara
B. Majemuk bertingkat
C. Kalimat tunggal
D. Kalimat efektif
42.
Perhatikan kalimat brikut !
“karangan ilmiah” pada kalimat di atas berkedudukan sebaagai ...
A. Subjek
C. Predikat
B. Objek D. Pelengkap
43.
1.
Buah apel berkhasiat untuk
melancarkan pencernaan.
2. Setiap hari
Senin, para pegawai pemerintah melakukan apel
pagi.
Hubungan makna kata apel
pada kedua kalimat di atas disebut ...
A. Homonim B.Homograf
C. Hiponim D.
Homofon
44. Perhatikan kalimat berikut!
|
Sinonim dari kata pendapat pada kalimat di atas adalah ...
A. Cerita B.
Perasaan
C. Opini D.
Isi hati
45. Antonim
kata besar adalah …..
A.
Luas
B.
Sempit
C.
Kecil
D.
Megah
46.
|
Perhatikan
kalimat berikut!
Makna kata genting pada paragraf di atas adalah …..
A.
Atap rumah
B.
Gawat
C.
Parah
D.
Kecil
47.
Bacalah paragraf berikut!
Ide pokok paragraf
di atas adalah....
A. Komodo merupakan tujuh keajaiban dunia.
B. Komodo adalah spesies kadal terbesar di dunia.
C. Komodo ditemukan oleh peneliti.
D. Komodo disebut “Ora” oleh penduduk setempat.
48. Pada paragraf
nomor 47 di atas terdapat kata yang mengalami kesalahan penggunaan huruf
kapital, yaitu pada kata …..
A.
Komodo
B.
Varanidae
C.
Kecil
D.
Karena
49. Bacalah paragraf berikut!
Kalimat utama
paragraf tersebut ditandai dengan nomor.....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
50. Bacalah paragraf berikut!
Ide pokok paragraf di
atas terletak pada kalimat nomor …..
A.
(1) C.
(4)
B.
(2) D.
(5)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar